PASUSKA - Pasukan Khusus Pramuka


Suatu gerakan pendidikan sukarela yang bersifat nonpolitik, untuk kaum muda, terbuka untuk semua, tanpa membedakan asal-usul, ras, suku dan agama, sesuai dengan tujuan, asas-asas dan metode tersebut di bawah ini.

Gerakan berarti suatu rangkaian kegiatan yang terorganisasi menuju suatu sasaran. Jadi, suatu gerakan mengandung makna, baik sasaran yang hendak dicapai maupun jenis organisasi untuk mencapainya.

Sifat sukarela kepramukaan menggarisbawahi persyaratan bahwa para anggota bergabung atas dasar kemauannya sendiri dan atas dasar penerimaannya secara sukarela akan asas-asas Gerakan. Hal ini berlaku baik untuk anggota muda maupun anggota dewasa.

Kepramukaan bersifat nonpolitik, dalam arti kata kepramukaan tidak terlibat dalam perjuangan kekuasaan yang menjadi wacana pokok dalam politik dan biasanya terpantul dalam sistem partai-partai politik. Sifat non-politik praktis ini adalah persyaratan dalam Anggaran Dasar dan merupakan karakteristik dasar dari Gerakan Pramuka maupun World Organization of the Scout Movement (WOSM). Namun demikian, ini tidak berarti bahwa kepramukaan sama sekali terpisah dari realitas politik dalam negara. Pertama, Gerakan Pramuka adalah gerakan yang bertujuan untuk mengembangkan kewarganegaraan yang bertanggungjawab; dan pendidikan kemasyarakatan ini, tidak akan berhasil tanpa kesadaran atas realitas politik di Indonesia. Kedua, Gerakan Pramuka adalah gerakan yang didasarkan pada beberapa prinsip, keyakinan dan nilai-nilai yang fundamental seperti Satya dan Darma Pramuka, yang mempengaruhi pilihan politik dari para anggotan.

Kepramukaan didefinisikan sebagai suatu gerakan pendidikan. Ini adalah cirinya yang hakiki, sehingga perlu dipaparkan lebih luas di bawah ini.

Pendidikan bukan hanya proses memperoleh pengetahuan atau keterampilan tertentu. Dalam laporannya tertanggal 25 Oktober 1997 kepada UNESCO, Komisi Internasional tentang Pendidikan untuk Abad Ke21 (The International Commission on Education for the Twenty-first Century) menyatakan bahwa pendidikan meliputi:

a. pengembangan kemampuan berpikir atau akal, yaitu “belajar mengetahui”, termasuk “belajar bagaimana belajar”

b. proses untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan tertentu, yaitu “belajar berbuat”.

c. pengembangan karakter, “belajar menjadi seseorang ”

d. pengembangan sikap dan tingkah laku, “belajar hidup bermasyarakat ”.

Dalam arti kata yang luas, pendidikan dapat didefinisikan sebagai proses yang bersasaran pengembangan seluruh kemampuan seseorang. Oleh karena itu, kepramukaan harus secara jelas dibedakan dari suatu gerakan yang hanya bersifat rekreatif. Di berbagai tempat di dunia termasuk di Indonesia, cenderung terdapat opini dan citra, bahwa kepramukaan hanyalah kegiatan rekreasi. Memang benar bahwa kegiatan rekreatif dalam kepramukaaan sangat penting, namun ini adalah sarana untuk mencapai tujuan, dan bukan tujuan sendiri.

Arah tujuan dalam pelatihan Pramuka adalah mendidik; bukan menginstruksi, bukan mengajar, tetapi mendidik, yaitu untuk mengeluarkan daya kemampuan dari anak itu, untuk mendidik dirinya sendiri, menurut keinginannya sendiri, menuju ke hal-hal yang akan membentuk karakternya.

Kata pendidikan biasanya dihubungkan dengan sistem sekolah, yang sebenarnya hanyalah salah satu bentuk pendidikan., yaitu pendidikan formal akademik.

Kepramukaan sebagai sistem pendidikan tergolong gerakan pendidikan nonformal, tidak merupakan bagian dari sistem pendidikan formal (sekolah dsb.), tetapi merupakan pendidikan luar sekolah yang terorganisasi, yang memiliki tujuan pendidikan dan peserta didik tertentu dan jelas. Kepramukaan tidak mengulangi atau mereproduksi apa yang telah diberikan oleh sekolah, keluarga, lembaga keagamaan, klub-klub atau organisasi kepemudaan lainnya kepada anak muda. Kepramukaan berupaya untuk melengkapi apa yang telah dikerjakan fihak lain, dengan cara mengisi kesenjangan-kesenjangan dalam pendidikan yang mungkin tidak dapat dilaksanakan oleh fihak lain.

Gerakan ini adalah gerakan kaum muda, di mana peran anggota dewasanya adalah sebagai mitra yang membantu anak muda itu mencapai tujuan kepramukaan. Kepramukaan terbuka untuk semua orang, tanpa membedakan asal-usul, ras, suku dan agama. Jadi, salah satu hal yang mendasari gerakan ini adalah asas nondiskriminasi, asalkan orang itu secara sukarela mematuhi tujuan, prinsip-prinsip dan metode Gerakan Pramuka.
Tujuan

Gerakan Pramuka mendidik dan membina anak muda Indonesia dengan tujuan agar mereka menjadi:

· Manusia berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat mental, tinggi moral, tinggi kecerdasan, terampil, kuat dan sehat jasmaninya.

· Warga Negara Republik Indonesia berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri, serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan, baik lokal, nasional maupun internasional.
Prinsip Dasar

Prinsip Dasar Kepramukaan adalah:

· Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

· Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya

· Peduli terhadap diri pribadinya

· Taat pada Kode Kehormatan Pramuka.
Metode Kepramukaan

Metode Kepramukaan adalah suatu sistem pendidikan diri yang progresif sesuai usia peserta didik. Metode ini diterapkan melalui:

· Satya dan Darma Pramuka;

· belajar dengan melakukannya (berbuat);

· sistem berkelompok kecil/regu; dengan bimbingan anggota dewasa sebagai mitranya (sistem among), meliputi kemampuan menemukan dan menerima tanggungjawab secara progresif serta pelatihan yang bertujuan untuk mengatur dirinya sendiri, yang diarahkan ke pengembangan karakter, memperoleh kompetensi, kemandirian, dapat dipercaya, serta kemampuan untuk memimpin dan untuk bekerjasama.

· program-program kegiatan yang progresif dan mendorong berdasarkan minat peserta didik, termasuk permainan, keterampilan bermanfaat, dan bakti kepada masyarakat, dengan mengambil tempat sebanyak mungkin di alam terbuka.
· sistem tanda kecakapan
· satuan terpisah untuk putra dan putri.

24 komentar:

Anonim mengatakan...

oiy... Salam Pramuka...
kak aq punya banyak puisi pramuka..kira2 bisa ditampilkan di situs ini?

Anonim mengatakan...

sip, untuk pasuska sip juga untuk bloggernya, cayo n sukses untuk kalian semua.
jayalah pasuska meskipun BUNK joko jau dimata dan untuk pren ku TUAN MUDA (patekur) sukses n kejarla mimpi mu,jgn megejar bayangan terus. gak ada enaknya. ok cayo
3 hari tepuk pramuka

DEWA SHINGA

Web Situs PASUSKA mengatakan...

Untuk anggraeni, bisa saja puisi kamu di posting disini. tapi situs ini masih dalam perbaikan jadi maaf sementara masih belum bisa. silahkan tinggalkan alamat e-mail kamu supaya saya bisa memberi kabar kalau situs ini sudah siap. terima kasih

Web Situs PASUSKA mengatakan...

Untuk Dewa Shinga, :) terima kasih kunjungannya. tapi perasaan bayangan nggak usah dikejar udah ngikut-ngikut sendiri..ehehe..
beri tahu ambalan-ambalan lain ya,

Anonim mengatakan...

" hidup di dunia bukanlah tujuan akhir.... maka dari itu, gunakanlah!!! kesempatan hidupmu u/ mempersiapkan di kehidupan yang kekal... karena itu adalah tujuan akhir kita..."

" HIDUP PASUSKA !!!!"

Anonim mengatakan...

" Indonesia masih tetap ada sampai detik ani, walaupun bung Karno dkk yg telah berjuang keras u/ mendirikannya udah awafat. begitu juga Pasuska, akan tetap ada sampai kapanpun meski kak Joko dkk jauh di sana ".
so, semangat terus buat Pasuska !!!
jadikan yg terbaik u/ kita semua....!!!kalo kata kak Joko ce, "jangan sampai kehilangan SPIRIT PASUSKA kita"

Web Situs PASUSKA mengatakan...

Terima kasih komentarnya...Dalam juga kata-katamu black cat death ehehehe, dukung terus PASUSKA..

Anonim mengatakan...

sore bos..gimana kabarnya..?blognya tambah keren aja nih..Admin-nya tambah gondrong gak rambutnya?..hehehehhe

Web Situs PASUSKA mengatakan...

wahhh mas prie... tenkyu dah mo mampir.. eheheh..
nih yg di tanya kabar blog nya ato orangnya?...!!

mas prie..lebih tepatnya agak gondrong sekarang.. ehehehe

mohon dukungannya mas prie..

Anonim mengatakan...

salam dari pramuka DIMUT AMARASANGGA pangakalan SMPN 1 SINGOSARI_MALANG
kunjungi kita di dimutamarasangga.wordpress.com

Web Situs PASUSKA mengatakan...

salam kenal dimutamarasangga ^0^
makasih banyak udah ninggalin komentar..
semoga dengan ini jalin persaudaraan semakin melebar..
kapan-kapan bisa ketemuan neh, kan deket.. :p

Anonim mengatakan...

salam pramuka.....
gmna kbarnya pasuska skarang????
salam bwt pak apit.....
n pak edy p....
hanum giventy

Web Situs PASUSKA mengatakan...

wah kk hanum juga apa kabar..
iya ntar saya sampaikan salamnya..
kabar Pasuska sekarang masih baik2 saja.ktimbang penasaran..maen aja skali skali ke sekolahan ^^

Anonim mengatakan...

jiah koq mandeg gini blognya
ayo donk posting smua kegiatan pasuska plus foto2nya
semangat donk biar tambah maju

best regards,
alumni 2000

scout smetarigala mengatakan...

Salam Pramuka...Salam kenal dari kami Scout Smetarigala....salam Hormat kepada Bapak Sugiana

Web Situs PASUSKA mengatakan...

Terima kasih kunjungannya Smetarigala.

akan kami sampaikan Salamnya.. ^^

Anonim mengatakan...

tewur. . . tewur. . .

dunia smkin tewur. . .

tetap cmngat agar qta gag ikkutan jd tewur. . .n selalu jadikan pasuska qta semakin jaya....

Anonim mengatakan...

smp al-rifa'ie, slm pramuka! N sll smangt yaw chayooooo

tHr33anz mengatakan...

Reuni Akbar Pasuska dari Angkatan Pertama,kira2 bisa diadakan g' y mas?




by regards

P e T h E

sugeng mengatakan...

salam pramuka
kebersamaan tiada akhir untuk saudara ku dipasuska walau jauh disebrang lautan aku tetap pasuska

Anonim mengatakan...

salam pramuka
kebersamaan tiada akhir untuk saudara ku dipasuska walau jauh disebrang lautan aku tetap pasuska
salam dari pasuska tuek

Web Situs PASUSKA mengatakan...

Terima kasih kepada smua yg mampir ke Blog ini.. saya mohon maaf karena kesibukan di pekerjaan sehingga Blog ini tidak terawat :(
segera saya akan update lagi ^_^

sam jack mengatakan...

to pethe: kordinasi ma angktan ente....... q siap ja kapan qt reuni

Anonim mengatakan...

Pokoknya salam satu Jiwa